Sejak diperkenalkan 2008, di beberapa kota besar di Indonesia mulai bermunculan Fish Spa. Ikan yang digunakan adalah Garra Rufa / Doctor Fish / Lick Fish. Sebutan ini diberikan karena memang hanya suka memakan sel kulit mati dan membuat kulit yang diterapi menjadi relaks. Bagaimana peluang untung dan prospeknya ?

Persiapan usaha ini sangat mudah. Hanya dibutuhkan akuarium, peralatan pemeliharaan, dan tentunya manajemen. Menjaga suhu air bisa menggunakan heater elektrik. Pemeliharaan ikan ini sama dengan ikan di kolam, tapi perlu diperhatikan kebersihan air (karena banyak kaki yang direndam).

Saat ini tarif Spa dengan menggunakan ikan ini di Jakarta mulai dari Rp 30 – 120 ribu selama 30 menit, tergantung tempat dan segmen marketnya. Rata-rata satu orang membutuhkan 250 ekor ikan untuk efektifitas terapi yang baik.

Karakter ikan ini bila jumlahnya sedikit tidak mau melakukan terapi. Misalnya satu kolam ukuran 50 x 50 x 50 cm untuk 1 irang sebaiknya berisi 250 ekor iklan. Jadi untuk 4 orang jumlah ikan 1000.

Pada air kolam Spa dijaga sedikit hangat dengan menggunakan satu buah heater suhu minimal 28 derajad Celcius. Perlengkapan lain untuk perawatan adalah selang untuk penyedot kotoran, lalu filter. Air kolam sebaiknya diganti 20% nya tiap hari dengan air baru yang PH nya stabil, bukan dari air ledeng. Dengan cara air didiamkan dengan tambahan oksigen menggunakan pompa udara atau aerator selama 1 hari.

Modal usaha :

1. untuk Spa rumahan memuat 2 orang, ukuran kolam panjang x lebar x tinggi = 1m x 0.5 m x 0.5m, jumlah ikan 500 ekor, filter, heater, aerator, selang penyedot kotoran, pakan pellet atau cacing beku, harganya Rp 5 juta dengan bahan kolam dari kaca

2.untuk memuat 4 orang dengan ukuran kolam 1,5m x 0,8 m x 0,5 m, jumlah ikan 100 ekor, modal pembuatan bisa Rp 15-20 juta

3. untuk custom fish spa, dimaan berisi unsur entertainment berupa tempat yang nyaman, interior ruangan yang bagus, karyawan ,fasilitas musik , dll, modal usaha paling murah Rp 100 juta.