Ada sebuah kalimat bijak nasehat AGAMA TAO! … Yaitu manusia harus bisa selalu WEN XIN WU GUE dalam setiap perbuatannya! … Maksudnya, manusia SIUTAO harus bisa selalu bertanggung-jawab terhadap hati nuraninya, dalam setiap perbuatannya! … Dengan kata lain, asalkan kita selalu berbuat sesuatu yg sesuai dengan hati nurani, maka jiwa kita akan tenang dan terbebas dari beban pikiran! ( Rasa bersalah yg selalu menghantui kita! )

Contohnya:
Dalam diskusi tentang keagamaan, jelas kita tidak boleh menyebar KEBOHONGAN; MEMFITNAH; ataupun MENYEBAR KETAHYULAN! ( Karena hal itu memang bertentangan dengan hati nurani manusia!)… Bagi oknum2 yg melakukan hal itu, maka tegur saja sekeras-kerasnya! … Jelas oknum2 itu akan tetap ngotot kalau dirinya yg benar! … NAMUN SESUNGGUHNYA HATI NURANI MEREKA AKAN BERONTAK DAN GELISAH SEPANJANG MASA! ( Mana ada manusia yg bisa menolak kebenaran yg hakiki!)… PERASAAN BERSALAH INI PASTI AKAN MENYIKSA MEREKA, SAMPAI MEREKA SECARA DIAM2 BERTOBAT DAN MENGAKUI KESALAHANNYA! … BARU BISA AGAK MEREDAH! …

Berbeda dengan orang yg sejak awal sudah berpedoman, asal sesuai dengan hati nurani yg mulia, maka kerjakan saja! … Setelah dikerjakan, lupakan segala jasa2nya! Maka dia pasti akan terbebas dari segala beban pikiran yg merugikan keadaan JING QING nya! Karena dia akan selalu merasakan apa yg disebut sebagai XIN AN LI DE ( HATI TENANG, CENG LI PUN DIDAPAT!)

disadur dari : posting San Ren by siutao.com